at-mo

at-mo
SELAMAT DATANG DI AT-MO BLOG MAKASIH YA SUDAH MAMPIR DI SINI JANGAN LUPA BERI KOMENTAR DAN BAGIKAN YA -

Minggu, 29 November 2015

Cara menampilkan jarak di lcd 16x2 di arduino uno

Pada kesempatan ini saya akan membagikan cara menampilkan jarak yang di ukur melalui sensor ultrasonic yang di tampilkan ke lcd 16x2 atau 20x4.



baik kita mulai menyiapkan komponen-komponen yang digunakan :

(1x) Arduino Uno
(1x) Breadboard
(1x) HC-SRO4 Ultrasonic Sensor
(1x) LCD 16x2
(1x) Trimpot 10 k

baik kita rangkai dulu lcd nya dengan mengikuti gambar yang dibah ini :


lakukan instalasi LCD 16x2 yang memiliki 16 pin, jika kurang jelas bisa lihat video di bawah ini untuk lebih jelasnya

 

selanjutnya kita melakukan instalasi sensor ultrasonik di arduino:


Sensor ultrasonik memiliki 4 pin yaitu VCC,Trig,Echo,Gnd. jika belum jelas bisa lihat video yang dibawah ini:



LANGSUNG  KLIK DI SINI cara mengatur level di sensor ultrasonic


jika belum jelas cara menggunkan sensor ultrasonic dan lcd bisa lihat video yang dibawah ini:





jika sudah Upload coding yang saya sudah siapkan bisa di download di bawah :


27 komentar:

  1. Balasan
    1. coba buka link ini https://www.dropbox.com/s/osd0b627lsexrxn/ultrasonic_dan_lcd.ino?dl=0

      Hapus
    2. mana kodenya mas kok linknya di buka sama ajah hasilnya,,, tak jalan..

      Hapus
  2. Balasan
    1. coba buka link ini

      https://www.dropbox.com/s/osd0b627lsexrxn/ultrasonic_dan_lcd.ino?dl=0

      Hapus
    2. Kalo potensio nya 50k bisa ngak bang

      Hapus
  3. mas kok saya di LCD nya gak muncul karakter apa2 ya?

    BalasHapus
  4. semoga tambah sukses bermanfaat banget infonya terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya sama sama mas andika sudah berkunjung di AT-MO BLOG

      Hapus
  5. saya pengen tau coding nya mas bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sudah cantumkan coding nya di atas, terima kasih sudah berkunjung di blog saya.

      Hapus
  6. Balasan
    1. terima kasih juga sudah berkunjung di blog saya.

      Hapus
  7. klau rangkain menggunakan mikrokontroller atmega dan source code bahasa C, pnya gk mas?
    Makasih

    BalasHapus
  8. Mas kenapa ya rangkaiannya udh sama tapi pas di nyalain malah layarnya aja yg hidup tp ga ada bacaan apa" , mnta solusinya mas

    BalasHapus
  9. Mas minta coding yg buat ngehubungin i2c lcd nya mas. Soalnya saya lcd nya pakai i2c biar ngirit port ke arduino nya. Udh banyak port yg kepakai mulai sensor ultrasonic hc sr04, buzzer, led mas.

    BalasHapus
  10. sangat bermanfaat mas.. lanjutkan :)

    BalasHapus
  11. Sangat bermanfaat gan, terus berkarya (y)

    BalasHapus
  12. mas mau tanya untuk sensor yg dipakai sampai jarak puluihan meter pakai sensor apa ya mas? terima kasih

    BalasHapus
  13. terimakasih mas sangat berguna & manfaAt

    BalasHapus
  14. mas bisa saya dapatlan litar penuh nya enggak. litar skematik

    BalasHapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  16. mas kok lcd saya gk nyala yah?

    BalasHapus
  17. Minta setingan buat tandon air sih mas.pke sensor sm lcd.mksh

    BalasHapus
  18. Kokndabisa mas pas dicoba masuk ke dropboxnya??

    BalasHapus