at-mo

at-mo
SELAMAT DATANG DI AT-MO BLOG MAKASIH YA SUDAH MAMPIR DI SINI JANGAN LUPA BERI KOMENTAR DAN BAGIKAN YA -

Senin, 13 Februari 2017

Arduino uno - Belajar Menggunakan i2C - Mengatasi Masalah Yang Terjadi Di LCD



Selamat datang kembali teman-teman di AT-MO BLOG, dan pada kesempatan kali ini saya ingin mencoba menggunakan i2c di arduino uno, kenapa saya mau membuat postingan ini karna banyak teman teman di AT-MO BLOG masih banyak yang kesulitan masang lcd 16x2 di arduino, saya sering mendapatkan pertanyaan seperti ini "Kok Lcd tidak Muncul tulisannya", "LCD blank kenapa ya?", "wah banyak kabelnya dan ribet" , "saya kekurangan pin Buat yang lain karna pin Lcd banyak", nah itu beberapa masalah teman-teman yang baru belajar ARDUINO UNO menggunakan lcd mungkin yang belum tau rangkaian lcd yang tidak menggunakan i2c bisa lihat rangkaian ini.




Nah ini adalah rangkaian Lcd di arduino yang tidak menggunakan i2c, Tentu yang baru belajar pasti ada yang salah dalam merangkai/ menghubungkan pin-pin di lcd dan akibatnya tentu lcd tidak berfungsi semesti nya dan yang paling parah bisa merusak Lcd tersebut.

Maka dari itu saya membuat Postingan ini yaitu menggunakan i2c di arduino yang paling sederhana, kenapa, yang baru belajar saya recommend menggunakan i2c
  • pertama i2c sudah merupakan module yang siap di gunakan
  • kedua pin yang di gunakan tidak banyak yaitu 4 Pin saja "wow ini yang menjadi kelebihan i2c"
  • dan i2c bisa menghindari error yang terjadi di lcd

bagaimana dengan semua kelebihan i2c ini, sanagat cocok untuk teman-teman yang ingin belajar menggunakan lcd di arduino uno dan henghindari error yang sering terjadi di lcd. ok tanpa banyak basa basi lagi kita langsung saja menggunakan i2c di arduino.

Yang pertama kali yang di lakukan yaitu siapkan komponen-komponen nya.
Komponen yang di gunakan :
  • Arduino uno 
  • i2c
  • Lcd 16x2
  • kabel jumper
  • papan percobaan
  • dan Laptop atau komputer untuk upload code nya
Jika sudah siapkan komponen nya lanjut untuk merangkai di papan percobaan


GND hubungkan ke pin GND arduino

VCC hubungkan ke pin 5V arduino
SDA hubungkan ke pin SDA atau di pin (A4)   //Data
SCL hubungkan ke pin SCL atau di pin (A5)    //Clock

jika sudah merangkai lanjut kita ke bagian code nya, Sebelum kita masuk code nya ada yang harus di lakukan yaitu teman-teman harus masukan Library LCD i2C untuk Download bisa Klik di sini

Setelah download Library nya teman tinggal masukan ke library arduino ( yang belum tau bagaimana cara memasukan Library ke arduino bisa tonton video yang paling bawah) 

setelah berhasil memasukan library nya lanjut kita mencari alamat i2c kita cara bisa lihat video yang paling bawah dan untuk code nya bisa Klik Di sini

dan kita sudah hampir selesai jika sudah dapat alamat i2c kita masukan code Utama lcd i2c arduino nya bisa download codenya Klik Di Sini

Tinggal upload code nya ke arduino dan lihat hasil arduino nya. Selamat teman-teman berhasih menggunakan i2c di arduino.

jika belum jelas bisa lihat video di bawah ini 





Dan terima kasih sudah berkunjung di AT-MO BLOG dan jangan lupa untuk berikan komentar tentang postingan kali ini, jangan lupa juga untuk SUBS di AT-MO PRODUCTION 

22 komentar:

  1. Sangat membantu mas... Makasih banyak, sekali di coba langsung bisa :D.

    BalasHapus
  2. gan itu pin sda dan scl memang harus di pin a5 dan a4

    BalasHapus
  3. mas pnya ane layar on, tp blank. mohon pencerahan. udh pake i2c

    BalasHapus
  4. mas saya udah coba ikutin tutorialnya, tapi tulisan yang keluar masih belom jelas, kayak simbol simbol gitu. apa yang salah yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba goyang2kan kabel yang dekat i2c nya biasanya error nya disitu

      Hapus
  5. Gan punya ane kok keluar error 'POSITIVE' was not declared in this scope?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo saya baru coba. semua langkah-langkah sudah saya ikuti, untuk address sudah sukses.. namun begitu di upload keluar error POSITIVE juga .. mohon arahannya mas ?

      Hapus
    2. coba uninstall IDE nya kemudian install kembali. saya juga pernah mengalami seperti itu ketika mencoba I2C dan saya lakukan Uninstall IDE yang lama kemudian install IDE yang baru akhirnya lancar

      Hapus
  6. sejauh ini ini blog paling jelas mudah dipahami. niat banget mas. thank.

    BalasHapus
  7. Mas Lcd nya kok gak nyala yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek kabel atau i2c nya. soalnya i2c ada 2 ekor yang dihubungkan guna membeei light lampu

      Hapus
  8. Mas ogi
    Bagaimana JIKA saya menggunakan Handphone untuk mrogam nya??
    Beberapa saya upload example library nyA LCD nyA nggk mau nyala
    Alamat udah saya Cari Ketemu 0×27
    Nggk mau muncul tulisannya (walaupun saya pakai example) tolong mas Ogi Sinatra? ? You 😊

    BalasHapus
  9. mas kalo membuat karakter seperti logo gitu gimana yang menggunakan i2c

    BalasHapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  13. Mas mau nanya, saya pakai arduino mega, scl & sda sudah connect ke scl & sda di mega. LCD sudah menyala dan setelah di atur kontrasnya sudah muncul kotak kotak di kolom pertama tapi saat dicari dengan i2c scanner selalu no device found padahal lcd yg nyala sudah menempel dengan i2cnya. Mohon bantuannya, trims

    BalasHapus
  14. Sangat informatif untuk saya sebagai pemula.

    BalasHapus
  15. “Benjamin Briel Lee was very professional at all times, keeping me aware of everything that was happening, If I had any questions he was always available to answer. This was my first home purchase, I didn’t know much about the loan process, he made it very easy to understand the things I had questions about. I really enjoyed working with him.”  
    He's a loan officer working with a group of investor's who are willing to fund any project or loan you any amount with a very low interest.Contact Benjamin Briel Lee E-Mail: lfdsloans@outlook.comWhats-App Number: +1-989-394-3740.

    BalasHapus
  16. Saya udh coba tapi ko alamat yg muncul banyak ya min, mohon pencerahan nya

    BalasHapus
  17. saya ada proyek menggunakan arduino due + HMI Nextion
    mohon hubungi saya 081211711980

    BalasHapus