at-mo

at-mo
SELAMAT DATANG DI AT-MO BLOG MAKASIH YA SUDAH MAMPIR DI SINI JANGAN LUPA BERI KOMENTAR DAN BAGIKAN YA -

Sabtu, 07 Mei 2016

Mengirim Sms menggunakan Arduino uno dan wavecom M1306B (Fastrack)

   


      Hay ketemu lagi di AT-MO BLOG dan saya mengucapkan banyak terima kasih pada teman-teman yang sudah berkunjung di AT-MO BLOG.
Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengirim sms menggunakan arduino uno dengan bantuan modul gsm yaitu wavecom M1306B, sebelum kita masuk materi saya akan memberikan contoh proyek yang saya sudah buat dengan menggunakan sms langsung klik di Sini.


Jika sudah melihat contoh proyek yang saya sudah buat kita kembali ke materi kita yaitu cara megirim sms menggunakan arduino dan wavecom, dan apa saja langka untuk memulai :

  • yang pertama kita harus mengubah baudrate pada modem WAVECOM M1306B langsung klik di Sini. dan apa fungsi dari kita untuk merubah baudrate supaya serial monitor arduino dan gsm sama jadi mempermudah kita untuk melakukan monitoring kedua komponen ( arduino dan wavecom.
  • Kedua yaitu mempersiapkan komponen tambahan yaitu  konverter RS232 To TTL dan apa fungsi konverter tersebut yaitu untuk mengkonverter perintah dari arduino supaya bisa di proses oleh wavecom untuk mengirim sms. dan untuk gambar RS232 to TTL bisa lihat gambar di bawah.
konverter RS232 TO TTL


jika langkah-langkah di atas sudah di lakukan maka kita sudah siap untuk merangkai konverter RS232 TO TLL ke arduino dan wavecom nya. untuk rangkaian langsung lihat gambar di bawah.


pin TX di pin 3, pin RX di pin 2, VCC di 5v, GND di pin GND


jika sudah di rangkai sekarang kita akan upload conding nya langsunng klik di Sini


dan untuk yang masih kurang mengeri bisa langsung tonton video yang dibawah ini






dan jika teman sudah mendapat kan sms seperti video yang di atas berarti saya mengucapkan selamat kepada teman teman karna sudah berhasil mengirimkan sms melalui arduino dan wavecom.











8 komentar:

  1. mas sy mau tnya itu pean pkek kbel bawaan modem atau bukan?soale sy pkek kbel bawaan modem & konverter beli di toped kok gak mau mengirim sms
    mhon bntuanya pean wa 085706757014 atau bbm 5247D7F0
    terima kasih seblumnya mas

    BalasHapus
  2. mas sy mau tnya itu pean pkek kbel bawaan modem atau bukan?soale sy pkek kbel bawaan modem & konverter beli di toped kok gak mau mengirim sms
    mhon bntuanya pean wa 085706757014 atau bbm 5247D7F0
    terima kasih seblumnya mas

    BalasHapus
  3. mas saya sudah melakukan perubahan pada baudrate di wavecom menjadi 9600. dan saat saya mencoba mengirim sms menggunakan arduino setelah mendownload ke arduino, saya lihat si serial monitor pesan sudah terkirim, tetapi pesan tidak sampai ke hp saya. mohon bantuan nya mas, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hey wid, ko kebetulan kita lihat situs yang sama.haha aku juga jadi ada pakai modem wavecom ini tapi ribet ya harus pakai RS232.
      oh iya wid, aku mau sharing karena pernah ngalamin spt mu, pesan sent ok tapi di hp ga diterima.. itu ada beberapa faktor wid :
      1. simcard susah dapat sinyal (wajib harus pakai kartu telkomsel wid :D)
      2. tegangan yang digunakan(semalam aku pakai modul gsm sim800l, batas maksimum teganganya 4,2 volt tuh malah aku gunainnya 5 volt, modul tetap mau jalan tapi tidak bisa ngirim sms, mau pun dia lama :(


      tapi akhirnya sekarang sudah bisa kirim sms dengan kartu simpati 4G dan tegangan 4,2 dengan menggunakan dc to dc stepdown, dan jangan dicolokin di arduino nya harus dari baterai. karena ada beberapa modul gsm/modem yang tidak cocok dengan tegangan arduino seperti halnya yang pernah aku alamin wid :D.

      semangat widyaaaaa :O :D

      Hapus
  4. Terima kasih diatas perkongsian ilmu... cuma nak bertanya mcm mana nak tambah code untuk mengawal arduino on dan off menggunakan sms...selamat maju jaya...

    BalasHapus
  5. mas kabel db15 (male) ke db9 (male) nyari dimana ya?

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum admin yth, mau tanya ni....sms nya sudah terkirim...tetapi arduinonya sangat sensitif....jika tersentuh langsung sms terkirim.....mohon bantuan min....

    BalasHapus
  7. maaf mas, untuk code nya downloadny gimana ya??

    BalasHapus