at-mo

at-mo
SELAMAT DATANG DI AT-MO BLOG MAKASIH YA SUDAH MAMPIR DI SINI JANGAN LUPA BERI KOMENTAR DAN BAGIKAN YA -

Jumat, 26 Februari 2016

Membuat Pengaman Anti Maling dengan sensor pir (gerak) tidak menggunkan Mikrokontroler


Hay ketemu lagi di AT-MO BLOG dan beberapa waktu lalu saya membuat Postingan tentang bagai mana menggunakan sensor PIR atau yang sering disebut sensor gerak pada postingan sebelumnya saya menggunakan Mikrokontroler yaitu ARDUINO uno untuk mengontrol Sensor pir tersebut yang belum tahu cara menggunakan sensor PIR di arduino bisa baca langsung menggunakan sensor pir di arduino uno.


Nah pada kesempatan kali ini saya ingin membuat pengaman anti maling yang cukup ampuh, minimalais dan yang terpenting tidak menggunakan mikrokontroler.

Baik kita langsung saja siapkan komponen yang di perlukan:

1x sensor PIR
1x Relay 12v 5 kaki( SPDT )
1x transistor BC 547
1x resistor 10k
1x dioda 1N4007
1x Buzzer 12v
1x Led
2x terminal block
1x jack DC
box project mini
pin header
adaptor 12v
kabel penghubung secukupnya

alat pendukung :

Multimeter
solder
bor PCB
Pelarut pcb(ferri klorida)

Jika komponen dan alat sudah lengkap sekarang rangkai komponen Seperti gambar dibawah



Atau kalian bisa juga download rangkaian yang saya sudah buat untuk di PCB bisa langsung Download Klik di sini

dan untuk cara pembuatan secara keseluruhan bisa lihat video yang dibawah ini


Semoga tutorial kali ini bisa bermanfaat dan saya mengucapkan banyak terima kasih yang sudah berkunjung di AT-MO BLOG.





20 komentar:

  1. cara pembuatan nya gimana ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. komponen yang sudah di siap kan (seperti di atas) lalu di rangkai di pcb. terima kasih sudah berkunjung di BLOG saya.

      Hapus
  2. mo tnya om tuk sensor PIR bs ya dipake pd tegangan 12VDC.
    mksh ats jwbn'y...

    BalasHapus
  3. Om! Saya kurang paham dengan simbol2 elektro, saya coba blum berhasil, masalah rangkaian input power dan outputnya kurang jelas, mohon pencerahan

    BalasHapus
  4. maaf gan sya ingin tanya, sya sudah coba rangkai d project boar tp buzzer knpa tdk hidup yah, padahal relay sudah bunyi.apa pada buzzer harus d tambahkan batre lagi ?

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. disini om Lee Juan ad jual
      https://www.tokopedia.com/beeshopelectro/alarm-anti-maling-sensor-pir

      Hapus
  6. mohon maaf mau nanya, kenapa komponennya lebih banyak yang di artikel dripda d video?

    BalasHapus
  7. JUAL di tokpedia donk.. butuh neh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ditokopedia ada yang jual om
      https://www.tokopedia.com/beeshopelectro/alarm-anti-maling-sensor-pir

      Hapus
  8. saya mau tanya, kalo out put nya berupa audio yang lebih besar ( misal 12 in ) itu bisa apa nggak gan ?

    BalasHapus
  9. gan , mau tanya itu sensor PIR tipe yang apa ya?
    kan sensor PIR ada macam-macam tipe
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  10. Gan mau nanya setelah saya rangkai seperti petunjuk diatas ko malah trus bunyi walau tak ada gerakan. Berbunyi kurang lebih 5 detik setelah disambung listrik

    BalasHapus
  11. Gan mau nanya setelah saya rangkai seperti petunjuk diatas ko malah trus bunyi walau tak ada gerakan. Berbunyi kurang lebih 5 detik setelah disambung listrik

    BalasHapus
  12. bang gimana kalo adaptor nya pake yang 1ampere???

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  14. Permisi Gan saya sudah buat pcbnya dan sudah saya solder semua komponen nya
    Tetapi ketika yang nyambungin kabel dari terminal blok itu saya masih bingung antara nyambungin ke buzzer, ke Led, dan ke jack dc nya
    Mohon pencerahannya
    Terimakasih:)

    BalasHapus